MRM

Senin, 23 September 2013

Unik!!

12 fakta menarik tentang Telur


Pasti Anda sudah tak asing lagi dengan telur. Tapi tahukah Anda telur ternyata sangat luar biasa. Berikut selusin dari fakta tersebut. 

1. Cangkang telur terbuat dari karbonasi kalsium, yang juga menjadi bahan antasida. Cangkang telur ini memiliki berat 9-12% berat telur, dan berisi pori-pori yang memungkinkan oksigen, karbon dioksida, dan uap keluar. 

2. Menurut Iowa Egg Council, bahan utama putih telur adalah protein yang disebut albumen, dan juga berisi niacin (vitamin B3), riboflavin (vitamin B2), magnesium, potassium, sodium, dan belerang. Putih telur berisi 57% protein telur. 

3. Warna kuning telur ditentukan oleh makanan induk ayam.Semakin banyak pigmen kuning dan orange yang dimakan induk ayam, semakin jelas warnanya. 

4. Warna lain dalam telur bervariasi dengan usia dan faktor lainnya. Menurut Egg Safety Center, putih telur yang berawan menunjukkan bahwa telur sangat segar. Putih telur jernih menunjukkan telur mulai menua, putih telur berwarna pink atau warna- warni berati telur rusak, dan telur ini tak boleh dikonsumsi. 

5. Darah yang kadang terlihat dalam telur berasal dari pecahnya pembuluh darah kecil di kuning telur. Seperti dikutip dari lifelittlemysteries, hal ini tak berarti telur tak aman untuk dimakan. 

6. Saat keluar, telur memiliki suhu sekitar 105 derajat Fahrenheit. Ketika dingin, cairan dalam telur berkontraksi, dan membentuk sel udara di antara dua lapisan ujung telur. Anda bisa melihat sel udara itu saat telur rebus dikupas. 

7. Rata-rata induk ayam bisa menghasilkan 250-270 telur per tahun. 

8. Telur putih disukai sebagian besar Amerika Serikat (AS), tapi telur cokelat lebih disukai di Inggris. Warna induk ayam mengindikasikan warna telurnya. Menurut American Egg Board, tak ada perbedaan signifikan antara warna telur. 

9. Butuh waktu 24-26 jam bagi telur agar terbentuk di dalam induk ayam. Pertama, sel telur berkembang menjadi kuning di dalam ovarium. Pada ovulasi, folikel pecah, dan kuning telur dilepaskan ke dalam tabung yang disebut saluran telur. Pada perjalanannya melalui tabung ke rahim, albumen disimpan di sekitar kuning telur, dan kemudian membentuk membran di sekitar albumen. Cangkang terbentuk dalam rahim. Kemudian telur keluar, dan setelah sekitar 30 menit, proses bertelur bisa dilakukan lagi. 

10. Sekitar 75 miliar telur diproduksi di AS tiap tahun, yaitu sekitar 10 % total telur dunia. Dari jumlah tersebut, 60 % digunakan untuk konsumsi, 9 % digunakan industri jasa makanan. Sisanya diproses dan digunakan untuk produk seperti mayones, marshmallow dan campuran kue. China merupakan pemasok telur terbesar, memproduksi sekitar 390 miliar telur tiap tahun, sekitar setengah pasokan dunia. 

11. Kalkun juga bertelur, tapi Anda tak akan menemukan telur kalkun di toko. Kalkun butuh ruang untuk bersarang, sehingga mereka memiliki naluri keibuan kuat daripada ayam. Alhasil, mengambil telur mereka sulit dilakukan. Dinosaurus juga bertelur, dan terkadang ayah dinosaurus bertanggung jawab 'menduduki' mereka, menurut penelitian edisi Desember 2008 jurnal Science . 

12. Bahkan, analisa sarang telur dinosaurus lain membantu memecahkan teka-teki kuno. Peneliti Canada melaporkan bahwa telur ada sebelum ayam, karena dinosaurus membentuk sarang dan bertelur jauh sebelum burung (termasuk ayam) ada yang merupakan hasil evolusi dari dinosaurus, menurut penelitian di jurnal Paleontologi 2005.


Mengapa Kucing Takut Pada Air ?

Kebanyakan anjing senang berenang, dan kucing sangat membencinya. Berikut penjelasan mengenai hal itu bisa terjadi.Menurut direktur program perilaku College of Veterinary Medicine di Cernell University Kelley Bollen mengatakan, "Tak semua kucing

Ternyata Tertawa Itu Bisa Menular !

PASTI kalian pernah mendengar ungkapan ini, "Tertawalah maka seluruh dunia akan ikut tertawa. " Ternyata ungkapan ini bukanlah isapan jempol belaka. Berdasarkan sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa tertawa memang benar-benar bisa menular. Otak akan merespons suara tawa dan menghubungkan otot-otot wajah sebagai persiapan untuk bergabung dengan ekspresi kegembiraan tersebut. Jika melihat orang tertawa atau membaca suatu cerita yang mendeskripsikan tentang tertawa, tanpa disadari seseorang akan ikut tersenyum atau tertawa. Jika menguap bisa menular, ternyata tertawa juga bisa menular.
Hal ini dibenarkan oleh Sophie Scott, seorang ilmuwan syaraf di University College London. Semua suara ini akan memicu respons di daerah premotor kortikal di otak yang menyiapkan otot di wajah untuk bergerak sesuai dengan suara yang didengar. "Respons akan jauh lebih tinggi dan lebih menular terhadap suara positif daripada suara negatif. Hal inilah yang memaksa seseorang ikut tersenyum ketika melihat atau mendengar orang lain tertawa," ungkap Scott. membenci air, dan tak semua anjing menyukai air. Namun, umumnya kucing tak ingin berenang". Ada banyak alasan untuk itu. 

"Salah satu faktor yang berkontribusi adalah bulu mereka tak cepat kering, dan jelas tak nyaman saat basah kuyup. Saya juga berpikir bahwa hal tersebut terjadi karena kucing memiliki empat kaki dan berjalan di permukaan padat, sehingga mereka tak senang pada sensasi mengambang di air," kata Bollen. 

Sebaliknya, beberapa anjing secara khusus dibiakkan untuk 'bekerja' di dalam air, seperti Anjing Air Portugis, Duck Trolling Retriever dan Spaniel Air Irlandia. Keturunan ini merupakan perenang hebat, tak seperti keturunan Bulldog dan anjing berkaki pendek, semacam Daschund. 

Menurut ahli biologi satwa liar di Animal Associates Behaviour di Colorado Suzanne Hetts, selain faktor genetik, sejak dini anjing juga sudah diperkenalkan dengan air dengan cara yang menyenangkan dibandingkan kucing. Namun, masih banyak pengecualian, kata Hetts.

Mesjid Paling Unik dan Aneh di Dunia!



BENTUKNYA sederhana benar, namun jemaah sudah berdatangan dari penjuru desa sebelum waktu solat masuk. Mungkin kita tak percaya jika tidak melihat faktanya. Seorang yang tidak kaya, bahkan tergolong miskin, namun mampu membangun sebuah Masjid di Turki. Nama masjidnya pun paling aneh di dunia, yaitu "Shanke Yadem" (Anggap Saja Saya Sudah Makan). Sangat aneh bukan? Di balik masjid yang namanya paling aneh tersebut ada cerita yang sangat menarik dan mengandungi pelajaran yang sangat berharga bagi kita.



Ceritanya begini, Di sebuah kawasan Al-Fateh, di pinggiran kota Istanbul ada seorang yang wara' dan sangat sederhana, namanya Khairuddin Afandi. Setiap kali ke pasar dia tidak membeli apa-apa. Saat merasa lapar dan ingin makan atau membeli sesuatu, seperti buah, daging atau manisan, dia berkata pada dirinya: Anggap saja sudah makan yang dalam bahasa Turkinya "Shanke Yadem". Nah, apa yang dia lakukan setelah itu? Uang yang sepatutnya digunakan untuk membeli keperluan makanannya itu dimasukkan ke dalan kotak (tromol). Begitulah yang dia lakukan setiap bulan dan sepanjang tahun. Dia mampu menahan dirinya untuk tidak makan dan belanja kecuali sebatas menjaga kelangsungan hidupnya saja.

Hari berganti hari, bulan berganti bulan, tahun berganti tahun Khairuddin Afandi konsisten dengan amal dan niatnya yang kuat untuk mewujudkan impiannya membangun sebuah masjid. Tanpa terasa, akhirnya Khairuddin Afandi mampu mengumpulkan dana untuk membangun sebuah masjid kecil di daerah tempat tinggalnya. Bentuknya pun sangat sederhana, sebuah pagar persegi empat, ditandai dengan dua menara di sebelah kiri dan kanannya, sedangkan di sebelah arah kiblat ditengahnya dibuat seperti mihrab. Akhirnya, Khairuddin berhasil mewujudkan cita-citanya yang amat mulia itu dan masyarakat di sekitarnyapun keheranan, bagaimana Khairuddin yang miskin itu di dalam dirinya tertanam sebuah cita-cita mulia, yakni membangun sebuah masjid dan berhasil dia wujudkan. Tidak banyak orang yang menyangka bahwa Khairudin ternyata orang yang sangat luar biasa dan banyak orang yang kaya yang tidak mampu berbuat kebaikan seperti Khairuddin Afandi.

Setelah masjid tersebut berdiri, masyarakat penasaran apa gerangan yang terjadi pada Khiruddin Afandi. Mereka bertanya bagaimana cerita seorang yang miskin berjaya membangun masjid. Setelah mereka mendengar cerita yang sangat menakjubkan itu, merekapun sepakat memberi namanya dengan: "Shanke yadem" (Anggap Saja Saya Sudah Makan). Subhanallah! Sekiranya orang-orang kaya dan memiliki penghasilan lebih dari kaum Muslimin di dunia ini berfikir seperti Khairuddin, berapa banyak dana yang akan terkumpul untuk kaum fakir miskin? Berapa banyak masjid, sekolah, rumah sakit dan fasilitas hidup lainnya yang dapat dibangun? Berapa banyak infra struktur yang dapat kita realisasikan, tanpa harus meminjam ke lembaga dan Negara yang memusuhi Islam dan umatnya? Jemaah yang melimpah, tanda keberkahan dan amal soleh dari harta yang halal dan bersih.

5 Gambar Ilusi Untuk Menguji Ketajaman Mata Anda!

1. Perhatikan Gambar di Bawah Sebuah Pilar Atau Kapal Belayar!



2. Perhatikan Sekitar Gambar Ada Berapakah Wajah Orang Pada Gambar Tersebut!



3. Perhatikan Gambar Berikut Ada 2 Atau 3 Pilar kah Pada Gambar di Bawah!



4. Perhatikan Gambar Berikut Ada Berapakah Orang Dalam Gambar. Bila Penglihatan Anda Tajam Sebetulnya Ada 5 Orang!



5. Perhatikan Ruangan Pada Gambar, Sebuah Pemandangan Asli Atau Sebuah gambar Lantai.

1 komentar: